Rabu, 03 April 2013

Cara Membuat Kripik nangka

Buah nangka merupakan buah khas indonesia yang memiliki rasa manis dengan aroma wangi yang wangi. Selain langsung dikonsumsi buah nangka juga dapat diolah menjadi aneka makanan yang enak seperti es buah, campuran kue, dan yang sedang tren saat ini adalah keripik nangka.

Keripik nangka memiliki rasa yang manis enak dan gurih. Nikmat dijadikan cemilan saat santai. Cara membuat keripik nangka berbeda dengan cara membuat kripik pada umumnya. Pembuatan Keripik nangka menggunakan alat penggoreng khusus yang disebut mesin vacum fryer. Jika anda tak memiliki mesin tersebut anda bisa membuat keripik nangka tanpa mesin seperti menggoreng kentang goreng sebanyak dua kali untuk menghilangkan kadar air keripik buah ini.

Keripik ini dapat dibuat tanpa menggunakan gula baik itu gula asli maupun pemanis buatan sehingga cukup aman dikonsumsi. Kripik buah nangka yang manis ini biasanya dijajakan di toko toko penjual oleh oleh. Harga keripik nangka bervariasi antara Rp 60.000 sampai Rp 80.000 per kilogramnya.

Bahan Membuat Keripik Nangka

Buah nangka segar 1 kg  ( pilih yang agak matang )
air 1,5 liter
75 gr garam 
gula pasir 150 gr 
air kapur sirih ( untuk merendam )
minyak goreng 2 liter 

Cara Membuat Keripik Nangka
  • Ambil buah nangka belah menjadi 2 potong ujunnya dan pisahkan antara daging dan bijinya.
  • Untuk menghilangkan lengket rendam buah nangka dalam air kapur sirih selama 5 jam.
  • Selanjutnya cuci bersih buah nangka kemudian keringkan.
  • Masukkan nangka kedalam mesin vacum fryer menggunakan minyak yang banyak dengan api yang besar untuk menghilangkan kandungan air nya. Jika buih pada minyak goreng semakin berkurang berarti sudah matang.
  • Setelah matang angkat keripik buah nangka dan tiriskan.
  • Simpan keripik buah nangka ke dalam plastik kedap udara agar rasa renyah dan gurih terjaga.
Cukup mudah bukan membuat keripik nangka ini sajikan sebagai cemilan saat santai. Jika anda berminat cobalah usaha membuat keripik nangka karena peluang usaha keripik nangka ini masih terbuka lebar. Apalgai proses pembuatan dan bahan bakunya juga relatif mudah di dapat hanya saja mesin keripik buah memang harganya masih cukup mahal.

0 komentar:

Posting Komentar

Pijakan kaki ke depan

Total Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.