Jumat, 21 Februari 2014

PT. Dronken Weduwe

Sejarah Perusahaan

Black Brother adalah salah satu merk dagang minuman berfermentasi atau minuman beralkohol atau lebih terkenal dengan miras (minuman keras). Minuman ini pertama kali diproduksi di Mungkid, Magelang pada tahun 1994.Sekarang Black Brother di produksi secara resmi oleh PT. Dronken Weduwe yang dikelola oleh anak dari Miftakhul yaitu Salis Setya Putra.

PT. Dronken Weduwe tidak membuka cabang ditempat lain, hanya satu perusahaan yang terletak di Jalan Raya Blabak-Mendut km 4 Mungkid Magelang,Jawa temgah.Lokasi tersebut terdiri dari bangunan pabrik tempat pengolahan dan kantor dengan lahan seluas 460.000 m2 . Adapun batas-batas wilayah PT. Dronkan Weduwe adalah sebagai berikut :

Sebelah utara : Pemukiman warga
Sebelah timur : lahan pertanian
Sebelah selatan           : CV. Mandiri Berbakat
Sebelah barat  : Jalan Raya

Komoditas Perusahaan

Dalam pengolahannya Black Brother  menggunakan buah-buahan asli untuk menghasilkan produk yang berkualitas tinggi. Untuk beberapa jenis produk tertentu terdapat perlakuan khusus yaitu 2x fermentasi.Produk Black Brother di bagi menjadi beberapa varian tergantung tinggi kandungan alkohol.

Varian-varian tersebut adalah :
1.      Black Brother Old dengan kadar alcohol 4-6 persen.
2.      Black Brother Jade dengan kadar alcohol 9-16 persen.
3.      Black Brother Zenith dengan kadar alcohol lebih dari 20 persen.
 
Standar Pegawai Untuk PT. Dronkan Weduwe

Untuk sistem penerimaan tenaga kerja sekarang memiliki standar minimal dari lulusan D3 untuk semua bagian. Baik produksi, teknik, maupun QC. Jadi tidak diperlukan pembinaan khusus kembali misalnya studi lanjut atau pelatihan karena lulusan dari D3 sudah mampu untuk menganalisis atau beradaptasi dengan lingkungan kerja yang dihadapinya.

1.      Tenaga Kerja Harian
Untuk tenaga kerja harian di bidang teknik diambil dari lulusan STM dan untuk tenaga harian non teknik yaitu bagian produksi dan packing diambil dari lulusan SMU
2.      Tenaga Staff
Untuk tenaga staf diambil dari karyawan yang sudah bekerja lama dan memiliki nilai tambah dari perusahaan lalu diangkat sebagai staff yang diambil dari tenaga kerja harian
3.      Tenaga Pengawas
Untuk tenaga pengawas di bidang teknik maupun non teknik di ambil dari tenaga D3 dan S1. Untuk pengawas teknik diambil dari D3 atau karyawan lama yang memiliki nilai tambah dari perusahaan dan untuk bagian non teknik yaitu pengawas produksi diambil dari lulusan sarjana atau karyawan lama yang memiliki nilai tambah dari perusahaan
4.       Manager
Untuk manager diambil dari lulusan sarjana baik di bidang teknik maupun non teknik yang dusah bekaerja lama dan memiliki nilai lebih dari perusahaan yang diambil dari tenaga supervisor

KETENAGAKERJAAN

Tenaga kerja merupakan komponen yang sangat diperlukan oleh perusahaan. Di sisi lain, populasi pekerja adalah bagian dari lingkungan perusahaan. Secara sederhana para pekerja adalah pegawai dari perusahaan dan sekaligus anggota masyarakat di mana perusahaan berada.

Tenaga kerja dalam PT Garuda Food Putra Putri Jaya Divisi Biskuit Gresik dibedakan atas dasar :
Status Pekerja
A.  Internal
              A.1 Karyawan permanen
          Karyawan permanen adalah pekerja yang terikat dalam suatu hubungan kerja dengan perusahaan, tidak didasarkan atas jangka waktu tertentu atau selesainya pekerjaan tertentu.
Jumlah karyawan permanen untuk tahun ini yaitu 586  karyawan.
A.2 Karyawan Kontrak
         Karyawan Kontrak adalah pekerja yang terikat dalam suatu hubungan kerja dengan perusahaan yang didasarkan atas jangka waktu tertentu atau selesainya pekerjaan tertentu.Jumlah karyawan kontrak untuk tahun ini yaitu 438 karyawan.

     B.Karyawan Out Sourcing
             Jumlah karyawan out sourcing untuk tahun ini sebanyak 1752 karyawan.

Waktu Kerja

A.         Tenaga Kerja Shift
Tenaga kerja shift merupakan tenaga kerja yang berhubungan langsung dengan proses produksi. Waktu kerja pabrik (produksi) terbagi atas 3 grup selama 24 jam sehari dengan 6 hari kerja dan 1 hari libur. Pembagian shift di PT. Dronkan Weduwe pada Tabel .
Tabel Pembagian Waktu Kerja di PT. Dronkan Weduwe
Pembagian
Masuk
Istirahat
Pulang
Shift I
Shift II
Shift III
07.00
15.00
23.00
11.00-14.00
18.00-21.00
02.00-05.00
15.00
23.00
07.00
                        Keterangan : istirahat dilakukan secara bergilir @ 1 jam

Overlap yang terjadi pada setiap pergantian shift digunakan untuk melakukan sanitasi atau pembersihan dan serah terima laporan ke shift berikutnya.

  Tenaga Kerja Non-Shift

Tenaga kerja non shift merupakan tenaga kerja yang langsung maupun tidak langsung berhubungan dengan proses produksi. Waktu kerja yang ditetapkan adalah mulai pukul 08.00-16.00 selama 5 hari kerja dan 08.00-13.00 pada hari sabtu.

0 komentar:

Posting Komentar

Pijakan kaki ke depan

Total Visitor

Diberdayakan oleh Blogger.